-->

Inilah 4 Pakem Penilaian Kontes Kacer yang Perlu Anda Ketahui

 

Dalam lomba, tentunya terdapat daftar syarat agar peserta lomba dapat meraih kemenangan. Tidak hanya lomba antar manusia saja, tetapi burung pun juga memiliki daftar nilai yang akan menentukan apakah ia menang atau kalah dalam kontes.

Salah satu burung itu adalah Burung Kacer. Nah, apa saja pakem penilaian kontes Kacer atau syarat agar burung Kacer dapat memperoleh kemenangannya? Artikel ini akan membahas beberapa syarat yang harus dipenuhi bila Anda ingin menang dalam kontes burung kicau Kacer.

4 Pakem Penilaian Kontes Kacer yang Perlu Anda Ketahui

Bayangkan bila sebuah lomba tidak terdapat syarat kemenangan? Bisa jadi pesertanya tidak memiliki keahlian atau kelebihan tertentu. Dengan begitu membuat sebuah lomba menjadi tidak menarik.

Maka dari itu, pakem penilaian hadir selain untuk memfilter pemenang juga memeriahkan suasana lomba. Lantas, apa saja pakem penilaian untuk loma burung Kacer?

Pakem Penilaian Kontes dengan Durasi Kerja

Istilah yang terdengar aneh.  Karena bagaimana pun juga, burung tidak bekerja layaknya manusia. Tetapi, bukan berarti seekor burung hanya diam seperti patung. Pekerjaan burung Kacer adalah berkicau.

Maka dari itu, durasi kerja di sini berarti seberapa lama atau panjangnya kicau seekor Kacer. Semakin lama durasinya, maka semakin besar potensinya untuk memenangkan sebuah lomba.

Selain kicaunya, variasi suara yang mantap akan memberikan peluang besar untuk menang lomba atau kontes. Karena bayangkan saja bila seekor burung tidak memiliki variasi suara, tentunya tidak akan memberi kemenangan atau bahkan tidak dapat mengikuti lomba.

Variasi Isian

Perlu Anda ketahui bahwa untuk membuat si burung bisa menang lomba, tidak sebatas bisa kicau saja. Anda juga perlu memperhatikan variasi isian si burung. Apa maksud dari isian burung?

Variasi isian adalah variasi gelombang suara atau volume yang dihasilkan oleh burung kicau Anda. Nah, ini tentu bergantung pada diri Anda sebagai pemilik burung tersebut.

Maka dari itu, Anda perlu memilih dan memberikan masteran yang bervariasi juga pada guru kacer tercinta. Jangan berikan masteran yang monoton agar si Kacer memiliki isian yang sangat bervariasi.

Dan untuk informasi tambahan, bahwa potensi seekor burung kicau menang lomba adalah dengan memiliki variasi isian. Dan semakin bervariasinya suara yang dihasilkan oleh burung tersebut, maka akan semakin besar pula kemungkinan untuk menang.

Lantas, masteran apa saja yang bisa Anda berikan pada burung kacer kesayangan Anda? Anda bisa memberikan isian berupa suara Kolibri, Ciblek, Cucak Jenggot, kapas tembak, cililin serta jangkrik.

Gaya Tarung yang Keren

Jangan berpikir bahwa burung Kacer Anda akan diadu layaknya ayam aduan. Tidak, seorang kicau mania sejati tidak akan mengadung fisik atau mempersilahkan burungnya bertengkar dengan burung lain.

Lantas, apa maksud dari gaya tarung di sini? Gaya tarung yang dimaksud adalah bagaimana si Kacer bergaya agar terlihat keren dan menarik. Meskipun tampak sepele, namun poin ini sangatlah penting dan dapat menjadi penentu apakah burung Kacer Anda akan terdiskualifikasi atau bertahan dan bahkan menang.

Biasanya juri akan memberikan apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh burung Kacer saat lomba. Bila si Kacer malah melakukan pada yang dilarang, maka burung tersebut langsung terdiskualifikasi.

Selain itu, Anda bisa melatih burung kacer Anda untuk menggunakan gaya ngotot, kacer ngobra, nagen, buka ekor, kacer gacor ngplong, teler, buka paruh dan lain sebagainya. Semakin menarik gaya dari burung Anda, maka akan semakin menarik pula pertambahan poin yang akan juri berikan.

Dan tentunya, Anda akan semakin dekat dengan kemenangan.

Fisik Burung Kacer

Selain yang menilai dari sisi suara dan volume, sang juri pun juga akan mempertimbangkan fisik burung Kacer yang mengikuti kontes. Hal ini menjadi pilihan bila saat poin 1 hingga 3 belum juga menghasilkan pemenang tunggal.

Nah, Anda pun bisa menang kontes ini bila burung Kacer Anda tidak memiliki cacat. Karena bila memiliki cacat, maka akan dinyatakan sebagai pihak yang kalah. Sebaliknya, bila burung kacer milik Anda tidak memiliki cacat, maka Anda berkesempatan untuk menang.

Ini sebagai informasi bahwa kunci kemenangan Anda terletak bagaimana Anda memperlakukan burung kacer Anda. Dengan perawatan yang baik dan pelatihan yang rajin, maka burung Kacer Anda berkesempatan untuk menang.

Hal ini karena saat hadir ke lokasi lomba, burung Kacer Anda dalam keadaan prima. Dengan keadaan burung yang sedang prima, semua latihan yang telah Anda berikan akan membuahkan kemenangan yang sangat manis. Dan dengan begitu, burung Kacer Anda pun memiliki harga yang tinggi pula.

Nah, itulah berbagai pakem penilaian kontes Kacer yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk Anda seorang Kicau Mania.